Teman Autis - Inspiratif dan Berdampak Positif

August 14, 2024

Autisme merupakan istilah untuk menjelaskan kondisi neurodevelopmental disorders (gangguan perkembangan neurologis) seseorang. 


Autisme bisa dibilang merupakan kondisi yang relatif umum, dapat dilihat melalui gambaran : 1 dari 100 orang didunia mengalami kondisi autisme. 

Menurut Wamenkes, Di Indonesia sendiri terdapat 2,4 juta anak mengidap autisme, dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Mengingkatnya jumlah anak yang mengalami autisme ini tentunya menjadi tantangan signifikan bagi Indonesia kedepannya. 

Kurangnya Pelayanan, Edukasi, dan Pemahaman Masyarakat Tentang Autisme

Selain pelayanan yang terbatas, edukasi yang kurang tentang autisme ini, stigma di masyarakat yang terkadang juga membuat beberapa orang tua ragu untuk memastikan atau melakukan deteksi sejak dini pada anaknya apakah anak tersebut mengidap autisme atau tidak karena beberapa orang tua merasa malu terhadap stigma tersebut di masyarakat. 

Hal tersebut akan membuat keterlambatan penanganan atau pemberian terapi pada anak yang mengidap autis dan akan berdampak besar pada perkembangan dan kemampuan anak hingga ia tumbuh dewasa nantinya. 

Situasi inilah yang membuat Alvinia Christianty dan teman-teman tergerak untuk membuat suatu wadah edukasi untuk mempermudah para orang tua maupun masyarakat umum dalam mendampingi anak-anak autis, dan mereka juga menjadi sosok inspiratif sebagai penerima Apresiasi SATU Indonesia Award 2022 dengan ide menjadi pejuang 'Teman Autis'. 


Komunitas Teman Autis, tidak hanya berbagi informasi dan edukasi tentang autisme

Teman Autis didirikan pada bulan April 2018 dan ini bukan hanya sekedar komunitas biasa, mereka memiliki website yang bisa diakses kapan saja di www.temanautis.com berbagi berbagai macam informasi yang sangat bermafaat bagi para orang tua maupun masyarakat umum dan memberikan pemahaman-pemahaman yang dapat mengubah stigma di masyarakat tentang autisme bahwa autisme bukanlah penyakit dan tidak menular. 

Hal ini diharapkan agar nantinya bisa membuat lebih banyak orang untuk mau mengenal dan mengerti tentang individu dengan diagnosa autisme. Sehingga tercipta lingkungan yang baik untuk para individu dengan diagnosa autisme di tengah masyarakat umum tanpa ada stigma negatif dan diskriminasi lagi. 

Memiliki lebih dari seratus mitra dan klinik untuk terapi dan sekolah

Teman Autis juga memiliki lebih dari seratus mitra dan klinik untuk terapi dan sekolah anak-anak yang terdiagnosa autis dibeberapa kota di Indonesia, tentunya hal ini alan sangat membantu dan mempermudah para orang tua untuk mencari berbagai informasi dan refrensi terkait tempat terapi dan sekolah yang tepat untuk anak-anak dengan diagnosa autis. 




Dan bersama dengan mitra, Teman Autis saat ini juga tengah mengembangkan layanan baru berupa konsultasi daring yang bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk konsultasi secara daring. 

Program Autis Berdaya

Autis Berdaya ini merupakan program yang mulai diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober 2023 yang bertujuan untuk memberikan layanan konsultasi online secara gratis untuk orang tua dengan anak autis. 

Teman Autis telah dipilih menjadi mitra dalam penggalangan dana tahun ke 10 oleh NusantaraRun, dan dari kerjasama inilah munculnya program #AutisBerdaya yang bertujuan untuk memberikan anak-anak autis peluang belajar dan bekerja seperti anak-anak lainnya. Penerima program ini adalah orang tua dengan anak autis dari keluarga prasejahtera khususnya yang berdomisili di Blitar, Malang Raya, dan Probolinggo. 

Sumber : temanautis.com

Sumber : temanautis.com

Menciptakan Dampak Positif bagi Banyak Pihak

Sejak komunitas ini dibentuk 6 tahun yang lalu, Teman Autis sudah banyak menciptakan berbagai dampak positif, seperti : 
  • Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang autisme, 
  • Menigkatkan skill, kemampuan, keterampilan, serta kepercayaan diri bagi para penyandang autisme sehingga mereka bisa hidup lebih mandiri dan bahagia, 
  • Meningkatkan solidaritas dan kerjasama antara penyandang autis, keluarga serta lingkungan masyarakat karena keterlibatan teman-teman autis diberbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas ini. 
Berbagai dampak positif ini membuat Komunitas Teman Autis mendapatkan berbagai macam penghargaan dan prestasi dari berbagai pihak, beberapa diantanya adalah : Penghargaan sebagai organisasi sosial terbaik daru Kementerian Sosial tahun 2020, dukungan dari yayasan ASTRA tahun 2021, dan Apresiasi Presiden RI pada peringatan Hari Autisme Sedunia tahun 2022.

Alvinia Christiany
Sumber : https://www.astra.co.id/satu-indonesia-awards

Alvinia Christiany dan teman-teman pendiri Komunitas Teman Autis adalah salah satu bentuk sosok anak muda yang menginspirasi dan memberikan kontribusi serta dampak positif kepada lingkungan dan masyarakat dengan menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap anak-anak yang memiliki diagnosa autisme, tidak hanya agar anak-anak penyandang autisme ini memiliki kesempatan belajar, bersosialisasi, dan bekerja yang sama dengan anak-anak lainnya tapi juga memberikan dukungan berbagai aspek kepada orang tua yang memiliki anak penyandang autis. 

Komunitas Teman Autis yang didirikan oleh Alviana dan teman-teman ini juga terbukti membawa berbagai dampak positif terhadap berbagai pihak, lingkungan masyarakat mulai teredukasi, sehingga stigma-stigma negatif tentang anak penyandang autis mulai berkurang di masyarakat. Tidak heran hal ini menjadikannya sebagai penerima Apresiasi SATU Indonesia Award pada Tahun 2022.

Dari sosok seorang Alvinia ini diharapkan agar dapat juga  memotivasi dan menginspirasi anak-anak muda Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi dalam berbagai bidang kemampuan yang dimiliki untuk Bersama, Berkarya, Berkelanjutan, untuk Bangsa Indonesia. 

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^